WORKBOOK, Komitmen Astragraphia untuk Pendidikan Anak Indonesia

Pemberian buku Workbook secara simbolis

Ribuan buku berisi konten pendidikan dicetak dengan menggunakan mesin cetak dari Fuji Xerox dan diimplementasi oleh SOS Children’s Villages Indonesa untuk anak-anak di Jakarta, Bandung, Medan, Aceh, Maumere, Semarang, Jogja dan Bali

Jakarta, 21 Maret 2017 – PT Astra Graphia Tbk, salah satu anak perusahaan Astra Internasional di bidang Teknologi Informasi, hari ini mengumumkan berlangsungnya program sosial “Workbook” yang dijalankan dengan dukungan dari SOS Children’s Villages Indonesia. Program ini merupakan inisiatif PT Astra Graphia Tbk dan bagian dari komitmen sosial perusahaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan pendidikan anak Indonesia. Dengan berkontribusi mencetak dan memproduksi buku yang berisi konten pendidikan bagi anak-anak yang membutuhkan dukungan lebih dalam mengakses konten pendidikan yang berkualitas.

Data UNICEF (2016) menyebutkan bahwa lebih dari 50 persen dari total 80 juta anak di Indonesia hidup dengan biaya kurang dari dua dolar per hari. Kondisi ini membuat mereka memiliki keterbatasan dana dan fasilitas, sehingga tidak bisa mendapatkan akses terhadap konten pendidikan yang berkualitas. Program ini pun dijalankan sebagai bagian dari respon cepat Astragraphia untuk memberikan konten pendidikan yang berbobot dan interaktif, sehingga anak Indonesia, usia 5 hingga 7 tahun, bisa memperoleh pengetahuan yang lebih luas lagi. Program dari referensi prinsipal kami Fuji Xerox ini akan dijalankan bersama dengan SOS Children’s Villages Indonesia. Diharapkan program yang akan berlangsung hingga 3 tahun kedepan dapat menjangkau lebih dari 10.000 anak-anak yang membutuhkan di Indonesia.

Arifin Pranoto, Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “Kegiatan CSR Astragraphia yang kami lakukan sesuai dengan Public Contribution Roadmap yang termasuk salah satu dari 4 Pilar CSR Astra yaitu dalam Pengembangan Sosial dan Masyarakat Bidang Pendidikan. Disini kami memahami bahwa setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, dengan menggandeng mitra yang bertaraf internasional dalam hal ini SOS Children Village Indonesia yang fokus dalam bidang pengembangan anak, kami percaya melalui metode alat-alat pembelajaran yang diberikan dapat bermanfaat bagi pengembangan anak-anak Indonesia.”
“Kami mengapresiasi inisiatif sosial yang dilakukan oleh Astragraphia dan Fuji Xerox untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak Indonesia melalui pemberian buku yang berisi konten pendidikan dan kami sangat bersemangat untuk menjalankan program. Di tengah perkembangan ICT yang sangat dinamis, anak-anak Indonesia yang belum mampu menjangkau pendidikan melalui teknologi tersebut, diharapkan tetap bisa mengakses konten pendidikan yang positif dan aman melalui program workbook yang dijalankan ini,“ ujar Gregor Hadi Nitihardjo, National Director, SOS Children’s Villages Indonesia.

Dalam tahap awal tahun 2017, Astragraphia telah mencetak 3.500 buku berisi konten pendidikan bagianak-anak di daerah Meulaboh, Medan, dan Maumere. Buku yang akan diberikan telah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak-anak Indonesia. Untuk membantu implementasi program Workbook ini, pendistribusian buku-buku bagi anak-anak dan pelatihan untuk tenaga pengajar akan dilakukan oleh SOS Children’s Villages Indonesia selama 3 tahun, mulai dari tahun 2017-2019 di wilayah Jakarta, Bandung, Medan, Aceh, Maumere, Semarang, Jogja dan, Bali.

Astragraphia memahami perkembangan pendidikan adalah tugas kita semua. Pada kegiatan CSR sebelumnya Astragraphia juga memberikan kontribusi sosial dengan bekerjasama dengan Organisasi Sosial seperti Mitra Netra dan YPAC. Setiap tahun Astragraphia memberikan training seputar IT kepada pelajar tingkat menengah dan dikenal dengan CAP (Competence Aid Program).