Teknologi IH Fusing Fuji Xerox Terima Penghargaan dari Nikkei Global Environmental Technology Awards FY2010

Tokyo, 11 November 2010 – Fuji Xerox Co., Ltd menerima penghargaan dari Nikkei Global Environmental Technology Awards FY2010, yang disponsori oleh Nikkei Inc., Jepang. Penghargaan diberikan sebagai pengakuan atas kemampuannya mempersingkat waktu start up fuser dari perangkat digital multifungsi menjadi yang tercepat (Note 1) di dunia. Hal ini dicapai dengan mengubah sumber panas fuser dari lampu halogen ke induction heating (IH).

Teknologi IH fusing dengan waktu start up tercepat di dunia ( 3 menit) menggunakan sabuk IH dari logam tertipis di dunia yang tidak mengandung magnet dengan ketebalan mikron (satu mikron = 0.001mm), sehingga dapat memanas secara cepat. Dengan kondisi ini fuser tidak perlu dipanaskan terlebih dulu, sehingga daya listriknya hanya nol saat mesin tidak menjalankan proses pencetakan.

Secara konvensional, biasanya fuser pada mesin fotocopy atau perangkat multifungsi digital harus tetap dipanaskan, sehingga dapat berfungsi dengan cepat dari keadaan standby. Keadaan ini nyaman bagi pengguna tapi sulit dari sisi penghematan energi. Namun, Fuji Xerox menganggap hal ini sebagai suatu tantangan, dan yakin pemecahan masalah ini dapat menjadi solusi penghematan energi yang sejati.

The Nikkei Global Environmental Technology Awards merupakan ajang penghormatan terhadap prestasi yang luar biasa atas kontribusinya terhadap pelestarian lingkungan global di bidang penyelidikan, penelitian, pengembangan teknologi, dan kegiatan praktis seperti yang digunakan dalam penanggulangan terhadap pemanasan global, gangguan lapisan ozone, hujan asam, ekologi gangguan, penggurunan, polusi laut, dan pengolahan limbah. Tahun lalu, Fuji Xerox memenangkan penghargaan “The Monozukuri Special Environment” yaitu penghargaan untuk sistem daur ulang di Cina.

Fuji Xerox berkomitmen untuk terus menyediakan teknologi yang benar dan memberikan layanan yang mampu memberikan manfaat bagi penggunanya, dan menyebutnya dengan Real Green. Teknologi IH fusing yang mendapat penghargaan merupakan teknologi RealGreen, yang telah direalisasikan berdasarkan keahlian yang telah dibina selama bertahun-tahun. Empat model dari ApeosPort-IV series, (Note 2) dan empat lagi dari DocuCentre-IV series (Note 3) yang dilengkapi dengan teknologi IH fusing memenangkan METI Minister’s Award pada “20th Energy Conservation Grand Prize for 2009 (Energy Saving Machines and Ssytems category) yang disponsori oleh Mentri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI).

Pada Februari 2009, Fuji Xerox menetapkan target pengurangan gas rumah kaca untuk FY2020, yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi daya listrik perperangkat sebesar 80 persen dari pencapaian ditahun 2005. Fuji Xerox akan terus memberikan kontribusi dalam pencegahan pemanasan global melalui pengembangan lebih lanjut produk yang hemat energi dan memasarkannya ke pelanggan.

Note 1:
Berlaku untuk ApeosPort-, IV-IV ApeosPort C2270 C3370, DocuCentre-IV C2270, C3370 DocuCentre-IV. Dibandingkan dengan perangkat multifungsi yang ada di pasar pada Juli 2009.

Note 2 :
ApeosPort-IV C2270 (25ppm in colour), ApeosPort-IV C3370 (35ppm in colour),
ApeosPort-IV C4470 (45ppm in colour), ApeosPort-IV C5570 (50ppm in colour

Note 3 :
DocuCentre-IV C2270 (25ppm in colour), DocuCentre-IV C3370 (35ppm in colour), DocuCentre-IV C4470 (45ppm in colour), DocuCentre-IV C5570 (50ppm in colour)