Scanner Berwarna dengan Sumber Cahaya LED Putih Menangkan Lighting Technology Awards 2011 dari The Illuminating Engineering Institute – Jepang

aac8dcf5d6e6911f3a41322aa06e71e7_resize_565x158

Tokyo, 21 September 2011 – Scanner berwarna yang menggunakan sumber cahaya light-emitting diode (LED) putih yang dikembangkan oleh Fuji Xerox Co., Ltd. dan perusahaan afiliasinya Fuji Xerox Advanced Technology Co., Ltd., menerima “The Lighting Technology Awards 2011” dari The Illuminating Engineering Institute, Jepang. Acara penyerahan penghargaan diselenggarakan pada 15 September lalu.

Fuji Xerox menggunakan LED putih sebagai sumber cahaya pada scanner yang terletak di dalam perangkat color digital multifunction. Setelah mengatasi ketidak seragaman cahaya LED dan keanekaragaman warna, LED scanner Fuji Xerox mencapai tingkat kecerahan cahaya 1,5 kali lebih terang dari lampu xenon dengan sepertiga konsumsi daya. Teknologi ini dinilai mampu menawarkan peningkatan efisiensi energi, kenyamanan dan produktivitas dibandingkan dengan model sebelumnya.

Sumber cahaya teknologi LED putih

Dalam beberapa tahun terakhir, perangkat digital multifunction diharapkan mampu melakukan proses scanning dengan lebih cepat agar mampu meningkatkan produktivitas kerja perkantoran. Kecepatan scanning yang tinggi membutuhkan penerangan yang lebih tinggi sebagai sumber cahayanya, namun demikian konsumsi daya yang lebih kecil juga sangat diperlukan.

Untuk mengatasi tantangan ini, Fuji Xerox dan Fuji Xerox Advanced Technology memutuskan untuk menggunakan LED putih, yang membutuhkan daya lebih kecil dari lampu xenon, sebagai sumber cahayanya. Meskipun LED dianggap sulit digunakan untuk tujuan ini karena ketidakseragaman dalam hal varian warna dan tingkat kecerahan. Namun perusahaan berhasil mencapai 1,5 kali lebih cerah dibandingkan dengan lampu xenon yang memanfaatkan sepertiga konsumsi dayanya untuk tetap menjaga kualitas hasil scan yang konsisten, dengan mengembangkan komponen optik yang mencapai keseragaman dispersi cahaya, serta teknologi pengolahan gambar yang secara otomatis melakukan koreksi warna digital.

Lighting Technology Award 2011

The Lighting Technology Awards memuji prestasi yang dicapai dengan baik ini dan diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam hal: pengembangan sumber cahaya, kelengkapan dan sistem kontrol dengan fungsi yang luar biasa, kinerja yang baik khususnya dalam hal hemat energi, perbaikan yang luar biasa untuk metode saat ini, dan keunikannya dari sisi design atau metode produksi.

Website Jepang The Illuminating Engineering Institute:
http://www.ieij.or.jp/english/index.html

Pengenalan scanner LED untuk product

Fuji Xerox pertama kali memperkenalkan penghargaan yang dimenangkan oleh scanner berwarna kepada delapan model perangkat yaitu empat type ApeosPort-IV seri multifungsi serta empat type DocuCentre seri IV yang dirilis pada bulan Agustus 2009. Sejak itu perusahaan telah menggabungkan scanner ke dalam model unggulan termasuk perangkat full-color digital multifunction, ApeosPort-IV C2260 yang dirilis pada bulan Desember 2009, dan perangkat monochrome digital multifunction , DocuCentre-IV 3060/2060 yang dirilis pada bulan Juli 2011.