Meja Disulap Jadi Layar Sentuh dan Mesin Penerjemah

Meja Disulap Jadi Layar Sentuh dan Mesin Penerjemah

Meja Disulap Jadi Layar Sentuh dan Mesin PenerjemahFoto: ash/detikinet

Suzuka – Industri mesin cetak tak bisa berdiam diri di tengah kepungan era digital. Mau tak mau, mereka juga harus bertransformasi untuk menciptakan perangkat dan solusi mumpuni.

Fuji Xerox sebagai pemain besar di industri printing sadar akan hal ini. Maka dari itu, mereka juga menggeser model bisnisnya dari sebelumnya sekadar menjual produk menjadi ke arah sebagai penyedia layanan dan solusi dokumen. Dimana produk yang mereka juga memiliki nilai tambah dari sisi solusi bisnis lain, mulai dari cloud hingga ke depannya business analytics.

Selain itu, Fuji Xerox juga rajin berinovasi untuk membuat solusi menarik lewat R&D center mereka, FX Pal,yang berlokasi di Silicon Valey, Amerika Serikat.

Nah, salah satu hasil inovasi FX Pal yang sempat dilihat detikINET saat berkunjung ke markas besar Fuji Xerox di Tokyo, Jepang adalah Tabletop Telepresence. Singkatnya, perangkat ini bisa menyulap meja kerja menjadi layar sentuh yang terkoneksi dengan perangkat lainnya.

Meja Disulap Jadi Layar Sentuh dan Mesin PenerjemahFoto: ash/detikinet

Cara kerjanya seperti ini. Misalkan ada sebuah dokumen yang ingin dikirimkan ke rekan Anda yang nan jauh di sana. Maka tinggal taruh dokumen tersebut di atas meja sehingga mudah untuk disorot oleh kamera HD Tabletop Telepresence. Tak lama kemudian, akan muncul tampilan navigasi scan, load, search dan translate di atas meja Anda yang pastinya bisa digunakan.

Cukup gampang, setelah dipindai (scan) dokumen tersebut tinggal di-upload dengan cara menggeser tombol ‘load’ di navigasi’ untuk mengirimkan dokumen ke cloud. Kemudian pilih ‘search’ untuk menentukan kepada siapa saja dokumen itu mau dikirimkan. Termasuk untuk ‘translate’ untuk langsung menerjemahkannya ke berbagai bahasa.

Jika sudah siap semuanya, maka sesaat kemudian rekan Anda tersebut sudah menerima dokumen yang dinantikannya itu dalam wujud yang sudah diterjemahkan dalam versi digital (softcopy) ataupun fisik — langsung dicetak lantaran langsung terkoneksi juga dengan printer.

Meja Disulap Jadi Layar Sentuh dan Mesin PenerjemahFoto: ash/detikinet

Pihak dari FX Pal yang ditemui detikINET menyebut bahwa proyek Tabletop Telepresence masih dalam pengembangan. Mereka masih butuh waktu untuk menyempurnakan perangkat ini sebelum benar-benar dilepas ke pasaran.

Namun yang pasti, lewat FX Pal, Fuji Xerox ingin menunjukkan bahwa industri printing yang dirintisnya juga bisa mengikuti larinya era digital yang semakin tak terbendung.

Sumber: detik.com