Education

Kondisi saat ini

Industri pendidikan adalah salah satu industri penting yang memiliki kebutuhan terhadap penyediaan, pengelolaan dan akses terhadap informasi dalam bentuk  cetak dan digital yang sangat tinggi. Untuk menunjang penyediaan dan pengelolaan tersebut diperlukan teknologi yang mampu menfasilitasinya dengan cepat dan tepat.

Perkembangan sistem e-learning dan digital library  yang ada belum maksimal memfasilitasi  pengguna, terutama dalam hal pengelolaan konten lokal yang dikembangkan secara mandiri oleh pihak universitas. Hal ini disebabkan oleh kesulitan dalam hal penambahan konten e-learning  dan digital library  itu sendiri. Diperlukan sebuah tahapan dan waktu yang cukup lama  untuk menambahkan konten dan PIC yang khusus.

Sistem e-learning  dan digital library  yang sedemikian baik tanpa didukung oleh kemudahan menambahkan konten akan menjadikan sistem e-learning  dan digital library  tersebut minim konten. Kekayaan konten lokal yang langsung dapat diakses oleh mahasiswa akan menjadikan sistem ini berdaya guna sekaligus menambah kualitas pendidikan itu sendiri.

Tantangan Pencetakan di Perguruan Tinggi

Pengelolaan, pencetakan dan penggandaan adalah aktifitas yang banyak dijumpai di perguruan tinggi. Tidak tersedianya perangkat yang dikelola secara terintegrasi dengan manajemen informasi perguruan tinggi seringkali menyebabkan duplikasi dan pemborosan. Mahasiswa dan Pengajar mengalami kesulitan mengelola dan mencetak dokumen materi kuliah secara cepat dan nyaman.

Hal lain yang turut menambah permasalahan adalah pencetakan dokumen penunjang perkuliahan seperti buku petunjuk, buku praktikum dan lain lain melalui offset.  Ketika jumlah yang dicetak tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Bila berlebih terjadi pemborosan, tapi bila kurang terjadi ketidakefisienan biaya. Belum lagi masalah kerahasiaan dokumen,  kualitas hasil cetak dan lain-lain.

Solusi Astragraphia

PT. Astra Graphia Tbk. menawarkan solusi untuk Mahasiswa dan pengajar dan seluruh civitas akademika dalam mendapatkan dan mengirimkan informasi (dokumen) dalam bentuk digital dan cetak yang merupakan integrasi antara Perangkat Multifungsi Fuji Xerox dengan Knowledge Document Portal (Xerox Docushare).

Solusi ini menawarkan akses  yang aman dengan cara yang efektif  dan efisien dalam pengelolaan, pencetakan, penggandaan, pemindaian dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks.

  • SprintS – Student Printing Services
    Student Printing Services dimaksudkan untuk melayani kebutuhan dokumen Mahasiswa, pengajar dan seluruh civitas akademika untuk kebutuhan cetak, kopi dan scan dengan menggunakan ID yang dimiliki.
    ID yang sebelumnya sudah didaftarkan berfungsi sebagai alat otorisasi untuk menggunakan mesin. Mahasiswa pada saat pendaftaran membeli sejumlah unit tertentu untuk masing-masing jasa print dan copy. Seluruh data pembelian dan pemakaian akan tersimpan dalam server yang terintegrasi dengan seluruh perangkat yang ada.
  • Mencetak dimanapun
    Kebutuhan pencetakan bagi pelajar tidak dapat diprediksi waktunya, oleh sebab itu kemungkinan akan terjadi antrian cetakan panjang. Dengan fasilitas mencetak dimanapun, solusi ini mampu menyimpan data yang akan dicetak kedalam Print Server yang aman dan dapat diambil di perangkat multifungsi Fuji Xerox ApeosPort manapun yang terhubung dengan jaringan.

InfografisEducation01

  • Knowledge Management Portal
    Knowledge Document Portal disediakan sebagai sarana komunikasi antara Mahasiswa dan pengajar, misalnya dalam hal dokumentasi perkuliahan, pemberian materi pengajaran, jurnal dan berita terkini, manajemen informasi, penambahan konten e-learning, penambahan konten digital library, dan lain-lain.

 

InfografisEducation02

Keuntungan Solusi

  • Dapat terintegrasi dengan kartu mahasiswa yang menggunakan teknologi contactless (Mifare dan HID)
  • Terintegrasi dengan Knowledge Document Portal, yang memberikan kemudahan dalam menambah konten lokal.
  • Sederhana, mahasiswa, pengajar dan civitas akademika hanya perlu mendaftar untuk dapat menggunakan perangkat yang ada
  • Aman, dokumen yang dicetak atau digandakan hanya dapat dikeluarkan oleh perangkat setelah pengguna melakukan autentikasi pada perangkat menggunakan password dan/atau kartu
  • Nyaman dan Cepat , seluruh pengguna yang terdaftar dapat mencetak dokumen dimanapun dilingkungan Universitas yang terdapat perangkat Fuji Xerox yang terkonekasi dengan jaringan.
  • Terencana, jumlah biaya penggunaan tergantung dari berapa banyak dokumen yang dicetak
  • Fleksible, mahasiswa, pengajar pengajar dapat mencetak dari satu lokasi dan mengambilnya diperangkat yang terkoneksi dengan sistem yang ada
  • Effisien, biaya cetak perlembar lebih murah dibandingkan dengan pencetakan dengan menggunakan printer inkjet maupun laser
  • Meningkatkan citra Industri pendidikan kearah yang lebih baik, karena telah menggunakan manajemen informasi yang dikelola secara Profesional.
  • Memberikan Cash Flow dan ROI positif bagi Universitas