Fuji Xerox Kembangkan Biomass Plastik yang Lebih dari 50% Beratnya Mengandung Ampas Tanaman, Kurangi emisi CO2 sekitar 41%

Tokyo, 20 September 2011 – Fuji Xerox Co., Ltd. Mengembangkan biomass plastik*1) yang lebih dari 50% beratnya berasal dari tanaman (ampas jagung untuk makanan ternak), dan memperoleh BiomassPla 50 logo*2) dari Asosiasi BioPlastik Jepang. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Fuji Xerox plastik baru ini memiliki emisi CO2 yang lebih rendah 41%, dibandingkan dengan biomass plastik yang pernah dibuat perusahaan pada tahun 2007.

Pada tahun 2007, Fuji Xerox mulai memperkenalkan komponen yang terbuat dari biomass plastik yang 30% lebih beratnya mengandung bahan tanaman. Saat ini perusahaan akan menggantinya dengan mengembangkan biomas plastik terbaru untuk produk berikutnya.

Material yang digunakan saat ini adalah campuran getah yang terdiri dari ampas tanaman yang mengandung asam polylactic (PLA) dengan bahan yang berbasis minyak bumi. Sedangkan biomas plastik terbaru hanya menggunakan PLA sebagai komponen dasar plastik.

Secara umum, kandungan ampas tanaman yang lebih tinggi seperti PLA, memiliki sifat tahan api dan fleksibilitas, serta rentan terhadap degradasi akibat kelembaban. Namun, penggunaan kombinasi beberapa aditif di dalam bahan baru memberikan kinerja tahan api yang lebih baik dari bahan saat ini*3) dan dapat menghambat degradasi. Dengan menjaga intensitas bahan baru setara dengan material yang ada sekarang, Fuji Xerox akan menerapkan biomas plastik baru untuk komponen mekanis yang bergerak.

Fuji Xerox melakukan evolusi terhadap biomas plastik barunya dari bahan yang dikembangkan pada tahun 2007 dengan bantuan teknis dari Fuji Film Corporation yang bertujuan untuk tidak menggunakan material berbahan dasar minyak bumi. Sejak tahap awal pengembangannnya, kedua perusahaan telah berbagi pengetahuan tentang material yang mengandung ampas tanaman saat mendesain suatu material, sekaligus menilai ketahanannya terhadap tahan api dan beberapa karakteristik fisiknya, serta mengeksplorasi teknik cetakannya. Unitika Ltd juga telah memperluas kerjasama dalam mengembangkan sistem ini untuk produksi masal. Melalui kerjasama yang berkesinambungan dengan perusahaan-perusahaan itu, Fuji Xerox akan terus mengembangkan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Catatan:

*1) Biomas Plastik merupakan jenis plastik yang dibuat dari ampas tanaman jagung untuk makanan ternak. Plastik ini adalah plastik yang ramah lingkungan, dikembangkan untuk mengurangi emisi CO2 dengan meminimalkan rasio penggunaan plastik olahan yang berbahan dasar minyak bumi yang sudah semakin menipis.

*2) Sistem identifikasi untuk sertifikasi produk plastik yang sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Asosiasi BioPlastik Jepang. Logo BiomassPla 50 disediakan untuk produk plastik yang lebih dari 50% beratnya mengandung ampas tanaman.

*3) U.S. Underwriters Laboratories Inc. mendefinisikan peringkat bahan plastik yang tahan api dalam kaetgori UL94. Material yang digunakan Fuji Xerox saat ini diperingkat V-2, sedangkan bahan baru yang dikembangkan mendapat kinerja tahan api yang lebih tinggi yaitu di peringkat V-1