CSR Astragraphia Dalam Bentuk Pelatihan Kompetensi IT Bagi Remaja Disabilitas

Jakarta, 25 Juli 2016 – Sebagai tanggung jawab sosial perusahaan berkelanjutan, setelah donasi mesin multifungsi Fuji Xerox untuk kantor YPAC di Indonesia, Astragraphia juga merealisasikan komitmen untuk melakukan pelatihan kompetensi IT yang disebut CAP (Competence Aid Program) untuk 10 anak disabilitas binaan YPAC dari Jakarta dan Jogja. Mereka terdiri dari 4 remaja penyandang tuna rungu, 4 remaja penyandang autisme, dan 2 penyandang cacat fisik. Mereka diberikan pembekalan baik teori dan praktek mengenai pengetahuan teknologi informasi seperti basic komputer, hardware, software, percetakan, networking, dan sistem informasi.

Menurut Harry Halim, Direktur Utama PT Astra Graphia Tbk, pelatihan CAP khususnya untuk remaja disabilitas ini didasari dengan adanya kebutuhan akan teknologi informasi yang sangat cepat dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

d

Foto Caption: Bp. Harry Halim bercengkrama dengan peserta remaja disabilitas

Pelatihan ini disambut positif oleh para peserta. Salah satunya adalah Kurnia Khoirul Chandra, remaja tuna rungu yang pernah menjadi juara umum IT Nasional 2016 mengungkapkan “Training ini menjadi motivasi bagi saya bahwa remaja disabilitas bisa disejajarkan dengan remaja non-disabilitas”, ungkap Chandra dengan menggunakan bahasa isyarat tangan.

Bp. Harry Halim bercengkrama dengan peserta remaja disabilitas

Foto Caption: Keceriaan Remaja Disabilitas bersama Astragraphia

Astragraphia konsisten dan fokus dalam pengembangan CSR yang memiliki misi ‘mencerdaskan anak bangsa’ melalui Program Training Competence Aid Program (CAP). Program CAP merupakan Program bantuan peningkatan kompetensi bagi para calon tenaga profesional khususnya bidang IT. Memiliki tujuan diantaranya “Ikut berpartisipasi nyata mendukung program mencerdaskan bangsa (Catur Dharma Astra maupun Astragraphia Culture)”. Diharapkan program positif ini dapat berlanjut ke batch-batch berikutnya.  Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mereka dan pada akhirnya memperluas kesempatan kerja dan meraih masa depan yang lebih baik. (CSR Astragraphia diliput dan disiarkan oleh DAAI TV dalam program HALLO INDONESIA, 2 Agustus 2016)