Cara Kreatif Lestarikan Kekayaan Alam dan Budaya Bangsa, Astragraphia Document Solution Dukung Percetakan Buku Fotografi “Bromo” Karya Hasiholan Siahaan XIV

 

 AG-Bromo-1

 

 Jakarta, 16 November 2017 – Astragraphia Document Solution turut serta lestarikan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui dukungan pada pencetakan buku fotografi “Bromo”, karya Hasiholan Siahaan XIV. Hasiholan Siahaan XIV adalah seorang fotografer profesional yang sudah berkecimpung di media nasional sejak 15 tahun silam. Beliau memang memiliki antusiasme yang tinggi terhadap pelestarian kekayaan alam dan warisan budaya Indonesia. Buku fotografi “Bromo” ini merupakan buku ke-5 yang ia luncurkan.

 

Kekayaan alam dan warisan budaya dapat mencerminkan identitas dari suatu bangsa. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam serta keanekaragaman budaya yang melimpah. Salah satu kekayaan alam yang ada di Indonesia adalah Gunung Bromo di Jawa Timur, yang sudah sangat terkenal akan panoramanya yang begitu memukau. Tidak hanya pemandangan yang indah, Gunung Bromo juga memiliki tradisi dan budaya khas Suku Tengger yang masih kental. Namun, di zaman ini hanya segelintir orang yang masih merasa terkoneksi dengan warisan budayanya, salah satunya adalah Hasiholan Siahaan XIV, yang akrab disapa Bang Olan.

AG-Bromo-2

 

“Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kekayaan alam dan melestarikan warisan budaya dari nenek moyang kita. Seperti buku fotografi “Bromo” ini, yang menggabungkan hobi dengan aksi sosial menjadi sebuah karya. Terima kasih sudah mempercayakan solusi cetak buku fotografi ini kepada kami. Kami merasa bangga dan terhormat atas kesempatan untuk berkontribusi pada pelestarian budaya bangsa melalui pencetakan buku fotografi “Bromo”. Kami berharap semoga ke depannya semakin banyak pihak yang peduli pada kegiatan-kegiatan seperti ini, dan semakin banyak pula orang-orang seperti Bang Olan yang memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pelestarian budaya.” ujar Arifin Pranoto, Direktur PT Astra Graphia Tbk.

 

Acara peluncuran buku fotografi “Bromo” dilaksanakan di IFI Wijaya, dan turut dihadiri oleh Jean-Charles Berthonnet – Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Maruarar Sirait – Anggota DPR-RI, serta perwakilan dari Kementerian Desa Republik Indonesia.

 

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terciptanya buku fotografi “Bromo”. Buku ini merupakan bentuk kecintaan saya kepada Indonesia. Sebagai putra bangsa, saya bersyukur dan bangga dapat memotret daerah-daerah terbaik di Indonesia. Memotret menurut saya adalah cara paling sederhana untuk melestarikan budaya Indonesia, yang hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat dari seluruh dunia, pada generasi sekarang dan yang akan datang. Saya percaya hasil fotografi ini dapat menjadi salah satu karya abadi dan kelak dapat menjadi bukti otentik sejarah. Melalui peluncuran buku ini, saya juga mengajak anak-anak muda Indonesia untuk turut peduli dan berpartisipasi untuk melestarikan kebudayaannya, setidaknya dari masing-masing daerahnya. Mulai dari daerah sendiri saja akan berdampak besar bagi bangsa, untuk dijadikan fondasi yang kuat untuk kelestarian budaya kita.” ungkap Hasiholan Siahaan.

 

Pencetakan buku fotografi “Bromo” dilakukan menggunakan mesin Fuji Xerox Versant 80 Press. Mesin ini merupakan solusi all-in-one yang dirancang untuk operasional cetak digital. Fuji Xerox Versant 80 Press mampu mencetak lebih cepat (80 ppm) pada beragam jenis media pada ukuran 52 gsm hingga 350 gsm. Mesin ini memiliki kualitas cetak Ultra HD Resolution: hingga 1200 x 1200 x 10 bit RIP rendering dan 2400 x 2400 dpi imaging resolution, yang menghasilkan penyapuan warna yang halus, tajam, beresolusi tinggi, serta mendetil.

 

Astragraphia Document Solution didukung dengan jaringan penjualan dan layanan purna jual Astragraphia Document Solution yang telah menjangkau hingga 514 kota dan kabupaten di seluruh pelosok nusantara, didukung oleh 86 orang System Analyst bersertifikasi dan 300 orang Customer Engineer yang handal dan terlatih untuk memastikan produktivitas solusi dokumen di mesin MFD Fuji Xerox yang ada pelanggan dapat berjalan dengan baik. Pelanggan dapat langsung menghubungi Halo Astragraphia di nomor telepon 1500345